Sunday 9 June 2019

Ruang Pribadi...

Setiap manusia selalu mempunyai ruang tersendiri yang tidak ingin dimasuki oleh siapapun,kecuali dirinya sendiri. Ruang itu begitu personal sehingga terkadang untuk yg terlalu sensitif, ruang itu bila tersentuh terkadang memberi reaksi, entah menjadi tidak suka atau reaksi lainnya. Setiap orang akan berbeda satu dengan yang lainnya untuk menentukan ruang personalnya atau ruang pribadinya. Ada orang yg tidak suka jika chat pribadi diketahui orang lain even yang terdekat sekalipun, ada orang yang tidak ingin diketahui tentang apa yg dikerjakannya atau bagaimana keluarganya, atau bagaimana kehidupannya. Banyak hal yang selalu bisa menjadi ruang pribadi setiap manusia. Dan pertanyaannya adalah ketika ruang pribadi begitu personalnya, dan suatu hal yang menjadi hak setiap manusia untuk dimiliki oleh dirinya sendiri, apakah pantas jika ada orang lain yang ingin mengetahuinya tanpa ijin dari pemiliknya???

Buatku ruang pribadi itu harus tetap mendapat ijin dari pemiliknya, untuk bisa mengakses rasa ingin tahu orang lain. Aku bukan orang yang kepo tentang sesuatu bila bukan orang tersebut yang menceritakannya langsung padaku, dan aku bukan orang yang akan bertanya jika bukan orang tersebut yang bercerita, walaupun aku mengetahui sesuatu tanpa sengaja. Buat aku ketika orang belum bercerita tentang ruang pribadinya pasti ada alasannya, karena aku pun kemungkinan akan melakukan hal yang sama.

Entah untuk apa sebenarnya ruang pribadi itu, sepertinya itu suatu hal yang membuat orang merasa dihargai saja. Ketika orang lain tidak masuk terlalu dalam, mungkin orang tersebut masih memiliki ruang yang hanya dia saja yang bisa mengerti. Berarti terkadang ketidakmengertian dibutuhkan untuk personalisasi???

Aku selalu berusaha menjaga dan mencoba menghargai ruang pribadi diriku dan orang lain, sampai orang tersebut yang membuka sendiri kunci ruang pribadinya dan membiarkan orang - orang tertentu yang memasukinya. Sepertinya setiap orang hanya ingin merasakan sebuah kenyamanan...

Dan pertanyaannya adalah kenyamanan itu seperti apa???

Menjadi seseorang yang bisa dipercaya adalah kewajiban dan memiliki ruang pribadi bisa jadi sebuah kepastian atau mungkin sebuah kemungkinan??? Tinggal bagaimana kita selalu menjadi diri kita sendiri...

2 comments:

  1. Setuju dengan tulisan ini.
    Blog bisa jadi ruang pribadi. Udah males aja mainan sosmed yang belakangan ini item pertemanannya udah beragam. ada temen study, temen nongkrong, temen aktivis, tetangga, keluarga, temen kerja, temen waktu kecil dan lain sebagainya. dan itu bervariasi, bikin setiap ruang gerak kita bisa dikomentari beragam. aih, nulis apa siy ini , haha.

    Misal nih, nulis status OTW atau lagi touchdown dimana gitu, hopenya siy temen2 traveling aja yang tau, eh, ternyata yang komen (nyinyir) malah tetangga, temen kecil dan lain sebagainya. Jadinya males. haha.

    Kita udah berbeda 10 tahun yang lalu, setahun yang lalu atau sehari yang lalu. jadi salah satu ruang untuk bisa mengekspresikan 'status' yah dengan nulis di blog pribadi seperti ini. Mereka yang datang, adalah mereka yang benar2 ingin 'melihat' seperti apakah temanku kini.

    jadi bingung???
    iya sama

    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha...xx ohh gt ya....untung sy gk tmsk org yg suka buat status dan lht status mas...apa kabar sekatak msh suka nanjak kemana dan dimana??

      Delete