Sunday 9 June 2019

Waktu...

Seringkali manusia bercerita tentang berbagai hal mulai dari bagaimana mengawali masa kecilnya hingga dewasa bahkan jika hal tersebut sebuah kesuksesan atau pengalaman yg membahagiakan bisa jadi memori otak kita menyimpan semua hal tersebut dengan baik,sehingga dikemudian hari jika daya ingat seseorang tersebut kuat,orang tersebut dapat menceritakan ulang semua pengalaman tersebut. Demikian halnya manusia berpikir dan mengolah pikirannya.

Banyak hal yang disimpan dalam memori otak kita bergantung dengan kapasitas penyimpanan kita masing-masing, kalau aku mengumpamakan memori otak kita selayaknya memori komputer. Banyak program yg mungkin sudah terinput sejak kita kecil hingga sekarang dan tersimpan dalam memori otak kita sesuai kemampuan. Dan semua hal tersebut yang membuat kita manusia bisa menjalani kehidupan kita seperti apa yg kita inginkan, tanpa itu semua bagaimana kita bisa berlaku sebagai manusia?

Bukankah kebiasaan kita terbentuk dari pengulangan hal yang dilakukan setiap hari, semisal aku terbiasa bangun pagi jam 5 atau jam 6, hal tersebut akan berulang kemudian karena setiap hari aku menciptakan pola tersebut di memori otak dan tersimpan. Jadi tubuh sudah merespon hal tersebut dan akan menjadi kebiasaan bangun pada jam tersebut kecuali aku merubah atau mereset ulang hal tersebut sesuai dengan apa yang aku inginkan, betapa cerdasnya sistem memori manusia bukan??

Ketika kita mengetahui bahwa semua hal bisa tersimpan dan semua akan menjadi kenangan karena semua sudah terjadi. Dan seringkali manusia senang mengulang kenangan tersebut terlebih bila kenangan tersebut, sebuah kenangan indah atau kenangan baik bahkan kita begitu senang menceritakan ulang hingga beberapa kali. Tapi pertanyaannya adalah ketika semua itu masa lalu, apa manfaat kita menceritakan atau mengingat kembali??? Untuk menjadikan hal tersebut bagian dari sejarah hidup kita sebagai manusia??Aku bukan orang yg ingin melupakan masa lalu, aku orang yang sangat mudah mengingat sesuatu jika hal tersebut memang perlu diingat atau tanpa sengaja memberi arti atau bermakna. Entah bermakna baik atau sebaliknya. Tapi ada kalanya masa lalu tidak selalu bermakna bagi kehidupan kita saat ini,walaupun tanpa masa lalu kita tak akan melalui saat ini.

Karena waktu hanyalah sebuah hal yang diciptakan manusia untuk mempermudah kita untuk menentukan sesuatu, seperti pagi, siang,sore bahkan malam. Bisa jadi kalau dahulu orang menentukan kalau pagi itu malam atau bahkan sebaliknya sejak awal, mungkin kita tidak akan mengenal istilah pagi seperti waktu sekarang, demikian sebaliknya.

Waktu menjadi demikian pentingnya untuk manusia ketika waktu menjadi panduan manusia menentukan apa dan bagaimana kehidupannya akan berlanjut. Kalau kita tidak pernah menentukan esok itu dimulai dari kapan hingga kapan, sepertinya kita tak akan mengenal hari ini,kemarin,dan bahkan lusa...

Jadi buatku masa lalu adalah ketika 1 detik yang lalu semua hal terjadi dalam hidupku, dan 1 detik kemudian akan menjadi masa depanku dan kapan aku memiliki saat ini??? Masa kini adalah waktu yang sekarang aku miliki tanpa bisa dihitung, ya saat ini saja titik...tanpa koma ha..xxx

Karena percuma kita berkutat dengan kapan istilah yang kita sebut masa lalu,masa kini,dan masa datang. Karena yang paling penting adalah saat kita bisa memiliki saat ini, sepertinya waktu itulah yang berharga daripada masa lalu dan mungkin masa depan yang tidak pernah kita bisa ketahui dengan pasti. Menciptakan kebahagiaan kita sendiri disaat ini, bukan masa lalu atau pula masa yg akan datang.

Ketika anda memahami semua hal dengan pemahaman yang bisa kita pahami sendiri, sepertinya lebih mudah buat kita untuk bisa menjalani apa yang harus kita jalani, bukan kata orang atau definisi orang tentang istilah dan sebagainya. Tidak juga untuk diperdebatkan karena semua hal bukanlah sebuah kebenaran mutlak, yang ada hanyalah kebenaran untuk tetap bisa menjalani kehidupan dengan sebaik baik kehidupan kita.

Tak ada masa lalu yang harus mengontrol kehidupan kita atau bahkan mengikat kita sehingga kita hanya merasakan sebuah kenangan saja. Bukan pula masa depan yang tak kita ketahui dengan pasti akan kita jalani seperti apa, kecuali kita dikaruniai bisa melihat kehidupan selanjutnya....

Semua akan selalu menjadi misteri untuk membuat kita selalu punya harapan walau terkadang semua hanyalah semu belaka.

Yang bisa kita lakukan adalah memiliki waktu saat ini dan nikmati serta berikan apa yg bisa kita berikan saat ini, sehingga tak ada penyesalan kemudian ha....xx

2 comments:

  1. ada yang bilang, melihat masa lalu itu kayak melihat kaca spion kendaraan. sesekali aja dilihat, kali aja ada mantan yang mendekat. eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaiiii...ngarep.com ha...xx ggp nengok kali2 mas imana,tp siap2 aja kl pas apes jalan depannya kubangan air kyk di sekatak sana (uppss) 😛...eit,skrg mah udh keren euy kaltim mau jd ibukota negara ya...kapan2 ak kesana ditemenin ya...kapan ya???

      Delete