Monday 8 April 2019

Pengendalian diri

Ini satu hal yang sampai saat ini adalah proses pembelajaranku yang belum bisa aku selesaikan dengan baik. Kenapa?
Karena realitanya manusia terdiri dari komponen jiwa dan tubuh, dan dua hal tersebut mempunyai kepentingannya masing - masing.

Setiap komponen tersebut memiliki hal yang dibutuhkan untuk perkembangannya. Tetapi ada komponen yang akan hilang seiring dengan waktu dan ada komponen yang tidak terikat oleh waktu. Kita semua diberikan hal tersebut dan pertanyaannya adalah kenapa?

Tidak harus pertanyaan itu selalu bisa dijawab karena ada pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban, dia ada ya karena kita yang berpikir dia ada, dan kalau belum terjawab,biarkan saja paling kita yang bingung ha...xx

Pengendalian diri diperlukan karena tanpa hal tersebut diri kita yang dalam beberapa komponen tersebut akan bingung mana yang harus kita ambil dan jalani, karena masing masing dikendalikan oleh dua hal yang berbeda. Komponen tubuh fisik memiliki otak yang mengendalikan semua sesuai dengan format yang sudah ditentukan, komponen jiwa memiliki suara hati yang juga mengendalikan apa yang memang harus dikendalikan. Dan kemudian apakah kita menjadi bingung dengan keberadaan dua hal tersebut?

Itulah hebatnya sang pencipta kita, dua hal tersebut hadir dengan fungsinya masing2. Karena masing - masing dibutuhkan sesuai dengan keberadaan dan kebutuhannya. Dibutuhkan pengalaman dan keterbukaan diri saat kita belajar menentukan mana yang dibutuhkan pada saatnya. Saat orang butuh makanan fisik dia akan menerima makanan yang dibutuhkannnya demikian pula dengan jiwa disaat dia membutuhkan untuk perkembangannya, dia akan menerima apa yang dibutuhkannya.

Hidup bukanlah hanya dari sebuah roti, kalau aku boleh memberi sebuah kiasan yang diambil dari kepercayaan kristiani. Karena saat kita masih berkutat dengan rasa lapar dan haus kita baru bisa memberi apa yang menjadi hak tubuh fisik yang fana, tapi ada hal yang tak terikat oleh waktu yang membutuhkan lebih dari sebuah roti.

No comments:

Post a Comment