Saturday 13 May 2017

Agama Dan Kehidupan...

Sebenarnya tidak ada pemikiran saya untuk menulis ini sebelumnya.Karena buat saya bukan hal yang penting,tapi ketika melihat bahwa betapa menurut sebagian orang "agama" menjadi satu hal yang begitu pentingnya sehingga di beberapa tempat ada banyak hal yang terjadi atas nama agama. Pertanyaannya adalah mengapa "agama" menjadi sebuah hal yg begitu krusial untuk sebagian orang?

Mengapa atas nama "agama" orang bisa saling bertengkar atau bahkan menghilangkan sebuah kehidupan?

Sebegitu hebatnya agamakah sehingga mengalahkan kuasa sang pencipta?sehingga orang bisa mengambil hak bahkan kehidupan orang lain?

Hal ini berdasarkan kenyataan bahwa peperangan juga bisa muncul hanya karena isu agama atau hal lain yang menurut pendapat orang hal tersebut penting dan mungkin berharga.

Dan menurut saya agak aneh kalau keberadaan agama lebih penting dari sebuah kehidupan itu sendiri. Bukankah agama itu ada untuk membuat kehidupan lebih baik?Kalau keberadaan agama tidak membuat kehidupan menjadi lebih baik siapa yang harus dipertanyakan?Sang penciptakah?

Saya mungkin bukan seorang religius kalau orang mengartikan pengikut agama yang taat sebagai religius. Karena saya bukan seorang yang taat akan perintah atas nama agama. Saya bukan orang yang bisa diatur atas nama agama,ketika atas nama agama saya bisa menyakiti atau bahkan mengambil hak atau sebuah kehidupan.

Karena saya hanya ingin menghargai kehidupan sebagaimana kehidupan itu seharusnya dihargai.

Saya menghargai keberadaan agama apapun sebagaimana keberadaannya.

Untuk saya agama adalah agama. Kehidupan adalah kehidupan. Ketika atas nama agama saya bisa menyakiti orang lain bahkan menghilangkan hak dan bahkan kehidupan,saya lebih baik tidak mempunyai agama.

No comments:

Post a Comment