Saturday 29 December 2012

Kebahagiaan...?

Kebahagiaan...

Sebuah kata yang begitu sering diucapkan oleh kita semua. Bahkan, ada orang yang sengaja mencari apa itu kebahagiaan?
Berbagai cara dilakukan oleh manusia untuk bisa mendapatkan dan merasakan kebahagiaan itu sendiri. Dan pertanyaannya adalah apa itu kebahagiaan dan dimana?

Karena begitu banyak penafsiran tentang kebahagiaan, setiap orang mempunyai artinya sendiri tentang kebahagiaan. Ada yang merasa bahagia ketika mendapatkan apa yang ia ingini, atau secara tidak langsung cita dan asanya merasa sudah terpenuhi sehingga merasakan sebuah kepuasan. Dan apakah benar kebahagiaan itu memang sebuah kepuasan?

Sekarang pertanyaannya berkembang menjadi puas seperti apa dan bagaimana rasanya?

Hmmm...

Sebuah pertanyaan yang sepertinya agak sulit untuk dijelaskan!
Karena sulit untuk dijelaskan, setiap hati mencoba untuk memahami hal tersebut secara pribadi. Karena ketika ada orang yang mencoba menjelaskan, hanya menambah sebuah kebingungan saja, kalau menurutku. Karena kebahagiaan tak akan bisa dijelaskan oleh nalar, dan logikapun tak akan menyelesaikan pertanyaan itu.

Kebahagiaan hanya bisa dirasakan. Karena itu bagian dari perasaan...

Rasa yang hanya bisa dirasakan tidak untuk dijelaskan, karena memang bagiannya sudah berbeda. Karena sulitnya penjelasan tentang hal ini, banyak orang mencari kebahagiaan hingga berbagai cara dan bahkan mencari dan terus mencari. Ia dicari banyak orang hingga menembus tempat dan ruang. Padahal kalau menurut pendapatku, tak ada ruang kebahagiaan selain apa yang ada didalam diri. Semua ada didalam diri. Lihatlah semua kedalam diri, karena kebahagiaan bersumber dalam diri sendiri. Ia tak pernah jauh dari diri kita seperti pencipta kebahagiaan itu sendiri. Ia ada dalam diri kita sendiri!Karena kita yang membuat kebahagiaan itu sendiri.

Tanyalah semua kepada dirimu sendiri dan dengar apa jawabnya?

Tak usah kau pergi menjauh hanya untuk berbahagia, lihat sekitarku dan apa yang ada didekatku dan dirimu. Karena itulah kebahagiaan sesungguhnya...

Kebahagiaan sejati bukanlah kesemuan atau fatamorgana, ia nyata dan ada. Seperti aku dan dirimu.

No comments:

Post a Comment