Sunday 19 February 2012

Apa yah judulnya?

Belajar ‘menerima’...

Mungkin hal itu yang sedang dan mulai aku pelajari,karena tidak mudah untuk bisa menerima segala hal dalam hidup kita.Terkadang manusia selalu menuntut banyak hal kepada kehidupan termasuk diriku.Padahal kalau kita mau lebih jujur,kehidupan sudah banyak memberikan kepada kita tanpa tuntutan.

Tapi memang mungkin begitulah manusia,ada rasa puas dan tidak puas yang mungkin tercipta dalam hidup kita.Dan mungkin rasa itu diciptakan memang ada maksudnya dan terkadang rasa itu memang dibutuhkan oleh kita sewaktu waktu?

Dan aku,mulai bisa berinteraksi dengan dirinya setelah ia mengajarkan sesuatu pada diriku.
Rasa puas dan tidak puas memang selalu berdampingan dan kita mungkin harus memilih salah satu diantaranya atau malah tidak memilih keduanya?Sepertinya salah satu dari mereka yang nantinya memilih mendekati kita dan yang akhirnya ‘menggauli’ hidup kita.

Sebuah buku yang pernah aku baca dengan judul Kasih,Kepercayaan dan Pasrah yang menjadi inspirasiku dan mungkin mengajarkanku untuk bisa ‘pasrah’ dan memiliki kepercayaan total pada hidup dan sebuah kasih yang akan didapati jika kita bisa mengerti.Sebuah kenangan akan ‘lembah karmel’ yang menjadi titik awal ‘pencarianku’ hingga sekarang.

“Percaya” kalau hidup tak akan salah memberi sesuatu pada diri kita dan itu terbukti bukan?Tak pernah hidup menukar sesuatu dan memberikannya pada orang lain,sepertinya... atau kita yang mungkin tak pernah tahu?

Orang bilang pasrah itu bukan diam saja tapi berusaha,memang betul,tapi yang lebih penting dari itu adalah ‘menerima’ dengan sebuah keikhlasan.Itu yang lebih sulit,apalagi kalau melihat kehidupan yang ada di sekitar kita.

Mereka yang menerima kehidupan rasanya tak pernah ragu dengan kehidupan itu sendiri dan mungkin menerima kehidupan tanpa pilihan dan menjalaninya karena mempercayainya.Membiarkan kehidupan memberikan dirinya sendiri

Dan sepertinya aku sendiri tak pernah paham akan hal tersebut,apalagi bila melihat ‘fenomena’ yang ada di sekitar kita.

Rasanya sebuah kepercayaan total membuat kita lebih bisa menikmati kehidupan karena mungkin tuntutan yang kita minta dari kehidupan tidak terlalu tinggi,walau manusia tak mungkin tanpa tuntutan.Hmm...

No comments:

Post a Comment