Saturday 19 November 2022

Apa sih yang dibutuhkan dalam sebuah Hubungan..

Apa sih yang dibutuhkan dalam sebuah Hubungan?

Pertanyaan ini tiba-tiba menggelitik dalam pikiran saya.Semalam saya mengobrol dengan adik perempuan saya tentang banyak hal di sebuah cafe.Dan salah satunya tentang relasi,dan ketika dia sudah berkomitmen dengan seseorang untuk satu hubungan yang serius. Dia menceritakan apa aja yang menjadi proses yang dia rasakan,seperti kendala atau masalah yang dia alami selama ini.

Kemudian saya berpikir dan yang menjadi permenungan saya adalah apa yang menjadi kunci sebuah hubungan romantis bisa terjadi langgeng?
1. Kemauan ini adalah hal yg utama yang menjadi dasarnya,harus ada kemauan yang sama dari kedua belah pihak untuk menciptakan relasi atau hubungan tersebut. Tanpa ini sulit hubungan akan berjalan dengan baik. Misal yang satu mau menjalani dengan baik yang satunya cuek aja, ya gk bakal terjadi relasi yang baik bukan he...xx
2. Usaha, hal ini dibutuhkan karena hubungan itu butuh usaha dari dua belah pihak untuk bisa menjadi apa yang diinginkan. Karena tanpa usaha yang baik,berat rasanya kalau hanya sebelah pihak yang berusaha yang satunya hanya menerima,atau malah tidak merespon usaha salah satu pihak, akan ada ketimpangan yang mungkin akan melelahkan salah satu pihak tersebut. Kalau ini berdasarkan pengalaman pribadi sih ha...xx ketika kita berusaha memulai sebuah hubungan dengan membina komunikasi tapi tidak direspon dengan baik misalnya,ya sudah tidak perlu buang waktu terlalu lama,karena bisa jadi prioritasnya mungkin berbeda. Dan usaha diperlukan dalam sebuah hubungan untuk menandakan bahwa kedua belah pihak mempunyai niat yang sama dalam menciptakan atau mendesign seperti apa hubungan yang ingin dibuat oleh kedua belah pihak bukan salah satu pihak.
3.Maintenance atau perawatannya,ibarat barang atau tanaman atau hal lainnya,hubungan bisa terjaga dengan baik karena masing-masing pihak berusaha dan mau saling merawat. Hubungan butuh pupuk atau air untuk menjadi lebih subur dalam perkembangannya. Dan pupuknya bisa banyak komponennya,misal komunikasi yang baik,niat yang baik,kompromi,adaptasi serta kontroling ego yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan personal dan finansial juga mendukung hubungan lebih realistis.
4.Penerimaan, ini adalah kunci utama yang dibutuhkan dan menjadi hal yang saya pelajari dengan melihat relasi orangtua saya dan orang sekitar saya yang sudah menikah.Hal ini yang menentukan relasi itu menjadi tidak rumit dan bisa dinikmati dalam kebahagiaan dan senyuman sepertinya. Karena hal ini menjadi komponen yang paling sulit dipahami dan dijalani kecuali kesadaran yang cukup baik yang diterima oleh kedua belah pihak. Bagaimana menerima kenyataan bahwa ada individu yang jelas berbeda menjadi patner hidup kita,dengan perbedaan dalam hobi misalnya,berbeda dalam selera makan,tontonan film,cara berpikir dan mungkin hal lainnya. Berharap semua hal sama tidaklah realistis, karena ada latar belakang yang berbeda dalam menjalani kehidupannya. Dan penerimaan adalah kunci utama untuk sebuah hubungan berjalan dengan baik dan sehat. Perbedaan yang ada diterima dengan baik,istilahnya kalau makanan ditelan aja apapun rasanya tidak usah dipermasalahkan karena rasa pasti berbeda kan,yang dibutuhkan dari makanan adalah komponen nilai gizinya bukankah hal itu untuk perawatan tubuh kita  🤣🤣🤣.
5.Saling menghargai,kata ini muncul ketika saya berinteraksi dengan seseorang dan hal ini yang disampaikannya. Sempat saya berpikir bagaimana bentuk penghargaan itu?Akhirnya saya memahami bahwa dengan saya tidak merubah dirinya dan menerima apa yang menjadi belief atau keyakinan dan pemikirannya dan value dalam hidupnya, hal itu menjadi bentuk penghargaan diri saya terhadap dirinya.Karena hal ini yang membuat seseorang atau orang lain berharga. Karena saya mengerti ketika saya pernah bertanya tentang sebuah hal yang menurut saya hal itu penting untuk menentukan dasar keputusan saya membina sebuah hubungan tetapi direspon dengan tidak baik oleh orang lain tersebut,buat saya ini bentuk penghargaan tentang nilai yang saya pahami dalam diri saya yang tidak dipahami dengan baik oleh orang tersebut. Berarti akan ada banyak hal subyektif yang berbeda yang akan menjadi konflik yang harus membutuhkan energi atau effort besar dalam proses penyelesaiannya. Sesimpel itu saya mencoba memahaminya. Jadi kita bisa memfilter dari awal dan melihat bagaimana hubungan itu akan dijalani nantinya. Setiap orang tau apa yang diinginkan dalam dirinya terkait apapun pada dasarnya. Kalau harus terlalu banyak drama dalam prosesnya terlalu lelah dan membuat sebuah hubungan tidak indah dinikmatinya.
6. Komitmen, hal ini adalah kunci yang menjadi pondasi utana sebuah hubungan. Tanpa komitmen yang jelas sebuah hubungan akan berjalan tanpa arah. Komitmen layaknya kompas yang menentukan ke arah mana hubungan akan di arahkan atau dibawa. Bila salah satu atau kedua belah pihak tidak tau apa yang di mau dalam hubungan mereka atau yang diinginkan, sama halnya berjalan dalam sebuah rimba atau padang gurun tanpa tau dimana tujuan yang dituju, hanya akan berputar putar di tempat saja. Semudah itu pemahamannya. Jadi harus ada komitmen yang dibuat dan jelas tentang sebuah relasi atau hubungan yang dijalani karena hal itu merupakan sebuah bentuk tanggung jawab dari masing masing individu terhadap relasinya tersebut.

Hal ini yang bisa saya pahami saat ini,karena semua berdasar pada apa yang saya alami selama berelasi dengan orang lain, tapi tidak menutup kemungkinan dalam prosesnya akan berbeda realitanya, tapi yang menjadi poin dipahami dengan baik. Dan semua adalah proses,masih banyak hal lain yang akan menjadi komponen tapi beberapa hal tersebut yang menjadi poin atau kunci utama yang bisa saya ambil kesimpulannya😊


No comments:

Post a Comment