Tuesday 16 August 2022

Merdeka Dari Rasa Takut....

Rasa takut adalah hal yg paling sering dirasakan setiap manusia,bentuknya pun berbeda beda, tergantung dengan kondisi manusia tersebut. Jadi takut sebuah hal yang manusiawi dirasakan oleh manusia, dan sebuah bentuk nyata dari kodrat manusia itu sendiri. Kenapa akhirnya saya menuliskan kembali hal ini? Karena saya pada akhirnya paham dengan rasa takut itu sendiri dan kenapa saya takut 😁.

Setiap manusia terlahir dengan semua pembelajaran yang ingin diketahuinya, berjalannya waktu satu persatu pembelajaran itu dipelajari dan rasa takut adalah dasar dari pembelajaran diri sendiri. Kenapa saya bisa beropini seperti ini? 

Rasa takut adalah perasaan yang langsung bisa dikenali dengan mudah oleh diri kita masing masing. Yang menjadi masalah adalah ketika kita tidak paham bahwa rasa takut bukanlah sesuatu yang harus kita hindari, karena banyak dari diri kita termasuk saya sendiri seringkali tidak mau masuk kedalam rasa takut saya sendiri. Karena diri kita takut untuk mengenali rasa takut kita sendiri dan takut untuk menyentuhnya. Kenapa kita takut? Karena kita seringkali tidak siap menerima efek yg mungkin dimunculkan dari rasa takut itu sendiri. Dan seringkali itu karena ketidak tahuan kita tentang rasa takut itu sendiri. Menghadapi rasa takut adalah kunci utama untuk mengenal rasa takut dan menyelesaikannya. Karena rasa takut itu sendiri muncul akibat pemikiran yang kita buat sendiri sebagai bentuk mekanisme proteksi diri dari sesuatu hal yang belum dikenali dengan baik. Coba kita refleksikan sendiri apa saja yang menjadi ketakutan diri kita sendiri, kenali rasa takut kita sendiri kemudian sentuh dengan hadapi rasa takut kita sendiri, konfrontasikan rasa takut kita dengan diri kita sendiri. Misal saya takut dengan ketinggian, kemudian saya pelan pelan berusaha menghadapi rasa takut saya dengan mencoba hiking atau naik ke tempat tinggi dan terima rasa takut itu sendiri, biarkan apa yang kita rasakan saat itu muncul dan lihat apa yang terjadi, ketika tidak ada apa² yang terjadi dalam artian diri kita baik baik saja berarti tidak ada masalah dengan rasa takut itu ketika kita berani menghadapinya. Tapi ketika saat muncul perasaan yang kita rasakan saat menghadapi rasa takut itu dan kita merasa tidak nyaman atau bereaksi dengan rasa takut dan akhirnya kita menghindar dalam artian lari dari rasa takut itu sendiri, rasa takut itu akan "menghantui" diri kita sewaktu waktu, karena belum selesai yang harus kita terima,sesimpel itu dan semoga bisa dipahami perumpaan yang saya contohkan.

Dan pada akhirnya menghilangkan rasa takut hanya dengan cara menghadapi dan menerima semua hal yang terjadi, dan rasa takut itu tidak akan lagi muncul sebagai sesuatu yang harus ditakuti apapun bentuknya. Karena diri kita sudah mengenal kondisi itu dan pada kenyataannya rasa takut itu tidak berakibat fatal pada diri kita sendiri. Sehingga tubuh kita tidak menganggap rasa takut sebgai sesuatu hal penting yang harus kita hindari, jadi seperti itu diri kita berusaha melindungi dirinya sendiri.

Jadi apa yang harus kita takuti?hadapi saja rasa takutmu dan terima semua rasanya, jangan takut .... Merdeka....

No comments:

Post a Comment