Sunday 15 September 2019

Penerimaan...

Sebuah kata yg begitu mudah diucapkan,tapi tidak semudah tindakannya. Aku belajar hal tersebut, dan masih dalam proses. Banyak hal dalam hidup yg selalu tidak bs diprediksi dengan pasti,tapi kemungkinan selalu bs bermain bersamanya. Hidup selalu berusaha membuatnya penuh makna. Caranya seringkali tidak kita sangka - sangka, selalu ada kejutan yg diberikan kehidupan. Sampai sejauh ini aku selalu menerima banyak kejutan yg kadangkala bercampur aduk perasaan yang ditimbulkannya. Adakalanya membuat penawaran, tp seringkali kita tidak bs menawar semua hadir dengan sendiri sehingga tak sempat menawar apapun hingga akhirnya penerimaanlah hal yg layak dilakukan.

Belajar menerima banyak hal, yang seringkali sulit untuk bs diterima, karena seringkali kita menuntut banyak hal dengan kehidupan. Kita lupa bahwa kehidupan hanyalah memberi apa yg seharusnya kita terima karena kitalah yg sebenarnya memberikan apa yg kehidupan berikan awalnya. Ini hanya hal memberi dan menerima.

Seperti beberapa hari yang lalu, sebuah pelajaran yang sedikit aku pahami. Ketika kita diberikan banyak berkat ada hal - hal penyeimbang yg diberikan oleh sang kehidupan. Penyeimbang itu satu bentuk hal yg membuat kita selalu bs rendah hati, entah benar atau tidak, hal tersebut yg saat ini aku pahami.

Ketika kita mendapat beberapa kebahagiaan kita akan selalu disadarkan dengan hal - hal yg membuat kita tidak jumawa. Kerendahan hati akan selalu muncul dari sebuah kesadaran.

Beberapa mg yg lalu,aku pernah berpikir tentang apa penyeimbang yang diberikan pada keluarga kami terlebih aku ketika kami berturut - turut mendapat kegembiraan, pernikahan dan kelulusan adikku. Aku berpikir dengan sadar saat itu, apa yg akan diberikan selanjutnya? Tidak mungkin sebuah kegembiraan akan muncul terus menerus bkn seperti itu pola yg diberikan kehidupan sepertinya. Sampai akhirnya aku memahami sesuatu saat ibuku terjatuh terpeleset dan hal tersebut menjadi kesadaran aku tng apa yg aku takutkan. Entah ini karena pemikiranku atau memang seperti itu seharusnya. Dan akhirnya sebuah penerimaan yg kami harus lakukan, ketika   hal tersebut yg harus kami sadari.

Sebuah penerimaan yg tulus tidak didapatkan dengan tiba - tiba, ada waktu yg dibutuhkan setiap pribadi utk bs menerima hal apapun. Dan ketika hati sudah bs menerima akan muncul sebuah kedamaian dari sebuah penerimaan yg tulus. Dan hal tersebutlah yg mungkin diinginkan oleh kehidupan.

No comments:

Post a Comment